Apa yang harus dilakukan ketika digigit kelabang?

Kelabang16

Digigit kelabang memang sakit, “nyut nyut” rasa sakit akan semakin sakit. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, racun kelabang tidak seberbahaya racun kalajengking. Racun kelabang hanya akan berpengaruh disekitar gigitan saja, berbeda dengan racun kalajengking yang akan cepat menyebar melalui peredaran darah.
Kelabang menyukai tempat tempat yang lembab, seperti tumpukan kain kain, tumpukan kayu, dan sampah. Jadi, jagalah rumah agar tetap bersih dan rapi, jika tidak ingin berteman dengan bangsa kelabang. Kelabang sangat menyukai bau ikan, baik yang dimasak maupun tidak, jadi jangan pernah membuang sembarangan tulang tulang ikan sehabis makan jika tidak ingin rumahmu menjadi sarang kelabang.
Jika menemukan kelabang di rumahmu, segera bunuh, jangan biarkan dia hidup agar tidak menggigitmu dan orang lain. Jangan khawatir kelabang akan punah, hal itu kecil sekali kemungkinannya, karena kelabang memang memiliki ilmu pertahanan yang cukup kuat untuk bertahan hidup dimanapun, walau tidak sehebat kecoa. Tapi berhati hatilah ketika menghancurkannya, karena tubuhnya lentur dan panjang, kamu dapat tergigit kapan saja jika lengah. Segera hancurkan kepalanya.
Jika tergigit kelabang, hal pertama yang harus dilakukan ialah membunuh kelabangnya agar terhindar dari dendam dan gigitan lanjutan. Karena kelabang menyukai tumpukan kain, maka tutuplah jalur pelarian kelabang dengan kain agar ia bersembunyi, itulah kesempatan yang tepat untuk memusnahkan makhluk itu. Membunuhnya dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah dengan menyiramnya dengan air panas sebanyak mungkin hingga ia menggulungkan kakinya, cara yang lain ialah dengan melumat dengan sekuat tenaga kepalanya hingga seluruh tubuhnya. Jangan menyemprotnya dengan aerosol serangga (obat nyamuk semprot) karena akan membuatnya bergerak liar dan semakin liar.
Maaf karena banyak celoteh, tapi itu penting. Setelah membasmi kelabangnya, maka sekarang saatnya melakukan hal hal kepada tempat gigitannya. Segera lumuri sekitar gigitan dengan larutan garam inggris atau dapat juga menggunakan minyak batu, setelah itu ikat dengan kain di atas gigitan, misalnya jika tergigit di jari kaki, maka kain dapat diikat di pergelangan kaki, hal ini berguna untuk mengurangi sakit. Yang terakhir, tidurlah.
Semua jenis kelabang memiliki gigtan yang sungguh mengerikan rasa sakitnya, hanya saja antara setiap jenis keabang memiliki rasa gigitan sakit yang berbeda. Kelabang yang bewarna merah pekat tidak memberikan rasa sakit yang terlalu lama, paling lama hanya dua hari, kelabang merah yang kakinya lebih banyak dan rapat dapat memberikan rasa sakit yang lebih lama, kelabang yang bewarna hijau kebiruan memiliki gigitan yang sangat sakit disbanding jenis keabang lain. Tapi semua itu tergantung pada bagaimana perawatan dan pengobatan terhadap gigitannya.
Yang saya tuliskan adalah berdasarkan pengalaman, karena waktu itu di tempat tinggal saya tidak ada dokter. Jadi, tips di atas berguna ketika darurat, sedapat mungkin segera bawa ke dokter atau puskesmas, terutama jika tersengat kelabang hijau (dan kalajengking).

About these ads

86 thoughts on “Apa yang harus dilakukan ketika digigit kelabang?

  1. Gue paling ngeri ama nih makhluk,, mgkin karna trauma jg kali ya sering digigit dulu. Drmh gue byk nih makhluk,dbunuh satu,ntar smnggu kmdian ada lg yg lain. Gw smpe bngung nih mkluk dr mana dtg nya. Felling gw sih asalnya dr lobang2 yg di suduh rmh,coz dlu prnah liat dy smbunyi lari kesana. Sdikit cerita dulu swktu gue disunat (khitan) gue kan tdr dilantai tuh, mlm nya gw tdr dlm kndisi lampu mati, tiba2 lg enak nya tdr gw mrasa ad sesuatu yg tdr d ketiak gw, spontan gw lempar dan teriak2 mnggil mama papa, stlah lmpu dhdupin trnyata lipan. Akhirnya mti dbnuh ama papa. Trus dilain hari wktu tdr dlntai jg dlm kndisi lmpu mti ad sesuatu mnggigit perut saya, spontan gw bgun dan megangin baju dkt yg d ggitnya. Kmdian gw buka bju trnyata lipan. Uhhh ngeri n skit d gigitnya. Trus wktu hicking acara ospek kuliah dlu. Gw gk tau ad lipan d baju gue. Trus tmn triak2 itu dbaju km ad lipan, smua tmn2 d dkt gue pd menjauh dr gue kbur ktkutan. Gue pun panik,gw branikan menggapai lipan tsb yg udh menjalar dileher, eh yg kepegang ma gw kakinya smpe ptus dan akhirnya leher gw d gigit. Tmn w yg lain bntuin mukul2 tuh lipan agar jtuh dr bdn w, dan stlah jtuh k tnah diinjak2 ama tmn2. Stlah tu gw trauma bgt ama yg namanya lipan..

    • siang td bener bener apes,lagi ke kebun digigit kelabang hitam kaki merah,besar kelingking,rasa panasnya minta ampun,kaki jd gemetar,q ambil klabangnya kubawa pulang,q bakar perutnya q ambil lalu kutempeli dibekas gigitan,masih aja pnas bnget,terus ke UGD diperiksa dan kasih obat,lumayan reda panasnya,saat tulis ini masih ada rasa pnasnya,ngu jam 12 malam nanti baru mnum obat lagi,

      • Barusan ad lipan lg msuk kmr saya mas, untung keliatan dy msuk kmr, bs lngsung di matiin. Sampe2 keluar suara teriakan lipannya, ngeri bgt, br prtama kali denger nya.

  2. kmarin aq tergigit kelabang sakitx waoooo sangat sakit sekali hingga menahan sakit hingga 12 jam baru terasa enak…uda ada berbagai obat yg dbrikan tpi ga mampan. pertama di bawa ke dokter dan dbrikan sutikan sbxak 2 kali tapi ga bereaksi jga obatx, lanjut dberi lgi minyak tanah, getah pepaya, jeruk nipis, darah kelabang yg menggigit dan kotoran sapi. kata orang tua..tpi smuax itu ga ada pengaruhx…dan cara lain yg sya gnakan yaitu kosongkan pikiran di daerah yg sakit maksudx memikirkan hal lain atau bisa lanjut tidur aja…selain itu perbaxak gerakan atau aktivitas.

    • pada malam ini sewaktu saya masih tertidur pulas tiba22 terasa seperti ada yg menggerayangin wajah saya, lalu saya angkat tangan saya bermaksud untuk mengusap wajah saya ntah kenapa tiba22 terasa seperti ada yg menyengat wajah saya tepat di daerah pipi kanan saya, dengan sontak + rasa terkejut saya langsung loncat terbangun dari tempat tidur saya dengan bantal di genggaman tangan yg 1 lg saya hempaskan ke lantai, ternyata ada seekor kelabang sebesar jari tengah ikut terhempas bersama bantal saya ke lantai, kusadari mungkin saya telah di sengat si kelabang tsb. dngan rasa sakit di pipi kanan saya lalu saya tekan dengan jari bermaksud untuk mengeluarkan darah kotor akibat gigitan dri si kelabang, saya tekan selama +/-5 menit sampai saya rasa semua bisanya ikut keluar bersama darah22 saya. setelah itu saya oleskan minyak cap tawon, bermaksud untuk meredakan rasa skitnya, mlm itu jga saya jdi ga bisa tidur lgi. setelah 1 jam kemudian pipi saya berangsur-angsur mereda rsa sakitnya. saya hanya ingin membagi pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi teman22 sekalian. oh ya bagaimana dengan nasib si kelabang, saya kejar lalu saya pukul dengan sepotong kayu palet, lalu saya putuskan taringnya. demikian cerita pengalaman saya akibat gigitan kelabang, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih buat yg punya ni blog.

  3. Di rumah sy jg bnyk kelabang. Gede, kecil. untuk menangkapnya susah2 gampang krn gesit. Biasanya secara reflek kita akan mengambil apa saja untuk menghadapi kelabang itu. Nah, cara kami : Ambil selembar tissu, basahi dgn air ujungnya sedikit saja, letakkan pada arah lari si hewan itu, biasanya dia akan meringkuk di sana. Kita tinggal angkat dan masukkan pada kantong plastik lalu buang sejauh2nya. ( Saran ini bagi yg merasa kasihan untuk membunuhnya, ya…. )

  4. kemarin tmpt saya ada kelabang.. warnanya hitam kecoklatan.. saya pukul2 pakai sapu.. tau2 hilang.. beberapa menit saya cek lagi disapunya.. ga taunya ada didalam rambut2 sapu itu.. tapi kelabangnya langsung lemas.. nah pas kemarin kebetulan hujan.. kelabangny saya buang di luar teras tanpa saya bnuh karena sy ga tau tuh kelabang matiny sama apa.. oh iy tuh kelabang nyumput di kamar sy.. di sela-sela meja.. sbberny sy iseng mau bersih2 gk tauny ad kelabang.. smpai2 ada warna hitam2 bekas kayu.. basah lgi.. sy tkutny klau tuh kelabang dendam sm sy… ngerii.. tp ini pertama kliny sy nemuin klabang drmah.. drmh kbnykn laba2

  5. Hahaha peliharaannya cuma kelabang, dagingnya dikasih daging sapi tikus atau kecoak atau nyamuk? geli nih bacanya.. tadi ada kelabang kecil item tapi mengerikan. Saya siram2 sampe masuk lubang toilet tapi gak mati. Katanya dia bisa kembali lg ya? apa dia bisa dendam sm saya? hhiiii ngeriii…

  6. Trims atas artikelnya, semalam tepat jam 12 saya digigit di kaki saya. Lagi enak2 tidur kok kaki trasa ada nyut2 panas. Pas saya nyalakan lampu, eh tu kelabang asyik nangkring di kaki saya. Bekas gigitannya bengkak n kaki rasanya kaya mati rasa. Kelabangnya kecil tapi itemnya pekat n buku2 badannya montok gitu. Jadi tu kelabang memang masih kecil tapi jenis yang sehat kali. Habis digigit n dimatikan, perut langsung mual mau muntah gitu. Bekas gigitannya cuma saya oles minyak tawon, sejenis minyak untuk racun2 serangga. Sampe sekarang kaki saya masih trasa pegel2 kaya bengkak gitu n agak sedikit mati rasa.

    • kami d kalimantan klo d gigit lipan, obatnx ya dr binatng itu sendiri, dimna ketika di gigit segera cari dan bunuh lipan tersebut, dan pecah bagian kepalanx lalu oleskan otak atau pecahan dr kepla lipan tersebut ketitik sengatan, insya Allah sembuh pada detik itu juga.

      from anak dalam kalimantan.

  7. kemaren saya nemu kelabang di toilet, pas lage mandi. uh nyebelin banged ampe teriak2 d buat na. awal na seh ga sengaja ke sentuh lubang na, eh pada keluaran. akhir na saya siram ajh pke air kran tapi ga tw lari na kemana, moga aja ga ke kamar. pokoq na besok2 kalo ada waktu libur saya mw bersihin tuh saran na, pke air panas + garam, biar kelabang na mati smwa. takut ntar saat tidur eh dy dteng pulak….

  8. wahhh bruntung bnget ane nemu ni postingn gan,,,,,,,bebrpa hari ini ane galau gra2 tu hewan, masih baby sih kelabangnya, tapi kok sering muncul, padahal dah di bunuh, ehhh esoknya ada lagi, kayak “semboyan mati satu tumbuh seribu”, padahal ane tuh sering bersihin kamar mandi, 2x tiap minggu, kalau baby kelabang berkeliaran pasti ada induknya,,,cuman ane lum pernah ktemu gan,,,,ane cemas klau dy mncul n berontak gara2 ank2nya pada ane bunuh (kyak di film2),,,ada solusi gak gan? kalau ane rebus air sampai mndidih, ane campur m garam satu bungkus gitu,,, manjur gak gan???? trus ane siram ke lubang saluran air,,,kejam juga sih gan kalau dipikir2,,,,

  9. Semalam baru saja perang sm kelabang..
    (Klbang wrn biru gelap mendekati wrn hitam)
    dengan kekalahan kelabang yg kaki ny pada lepas smua
    Dibasmi dengan mengunakan sikat kloset.

    Sama seperti yg artikel diatas, klbg menyukai t4 lembab
    dr pintu kamar mandi trs berjalan cpt dan liar..
    mendekati jalur keluar pintu dapur yg sya tutup dgn kain.
    Smpai akhr ny bs mati setelah brp kali kepala ny
    dipukul dgn sikat kloset.

    Tq info diatas antisipasi kl2 jika ktm lg dan kn gigitan ny..

  10. Baru saja saya membunuh kelabang dengan toples kue lebaran, karna kebetulan alat itu yg ada didekat dan terjangkau sebelum dia terbirit birit menghilang sambil lenggak lenggok badannya huhuhu.. Akhirnya terpuaskan. Setelah beberapa hari lalu sepintas lewat seperti kelabang di bawah karpet kamar kos. Ternyata benar2 kelabang. Mudah2an ini kelabang yg sama dan sudah musnah dibunuh. Setelah pembunuhan ini saya gugling cara menghindari binatang ini dan akhirnya menemukan artikel ini. Trimakasih infonya ya

  11. Di rumah saya ketika musim hujan memang terkadang muncul kelabang,sebesar jari telunjuk.lebih sering kelabang tersebut muncul di kamar mandi..
    apakah daerah rumah (taman,garasi,pekarangan dan pintu)saya perlu di taburi garam??,bila iya apakah garam tersebut dapat berpengaruh besar untuk menghindari kelabang masuk rumah saya??

  12. saya nemu bayi kelabang sepanjang kelingking, pertama wrna merah pekat kehitam2an dan saya sempat digigit, dia muncul dr bawah kasur. kasur saya itu nempel di lantai (maklum anak kos).
    selang 2 hari nemu bayi lipan jg wrna oren keijo2an. saya tau kalo yang oren keijo-ijoan sangat sakit apabila digigit. dia muncul dr bawah karpet, hmmm..

    tkutnya ntr ada induknya!
    soalnya sebelumnya ada orang kosan yg digigit lipan wrna oren keijo-ijoan! bengkak katanya dan senut2.

    dr komen dan artikel yang agan buat, emang kamar saya cocok utk tempat munculnya kelabang: lembab, lantai ad karpet, musim hujan, baju bertumpuk d kamar!
    hadeh….. :D kamar saya kurang ventilasi jg sih, :'(

    skrg saya kalo tidur make baju yg nutup semua badan, lengan pjg, celana pjg, pake jilbab pula. kan tkut kalo masuk ke dlm telinga. d ujung kaki saya sudah saya siapkan semprot baygon! nanti tgl siapkan obat antibiotik penahan sakit seperti antalgin/amoxcillin, balsem jg boleh, garam jg bisa tuh.

    makasih agan, artikelnya sgt membantu!

  13. Tadi apgi ada kelabang di kamar mandi kos-kosan saya. Tuh kelabang sempat lewat di kaki saya sampai saya jerit2 gk karuan. Mana gk ada orang di kosan (–pada mudik -_- ). Terus sy mnta tlg sama tetangga kos buat membunuh si kelabang item itu, eh ternyata gk ketemu (–entah kemana :3 ). Alhasil sorenya saya gk berani mandi :'(

  14. Saya baru saja di gigit kelabang di pundak saya rasanya sakit sekali,tangan saya terasa berat dan membengkak dan tangan saya masih membengkak,ini terjadi karna saya tidur tiba2 di pundak saya ada yg bergerak jadi saya langsung memegangnya eh ternayata dia gigit dan tiba2 gigitannya cepat menyebarnya…mama saya menyuru saya menahan di bengkaknya dengn tangan kata mama biar racunnya tdk menyebar .pertama sih saya biasa aja tpi lama2 nyeri itu makin sakit ,,,apa gak papa y gitu abisnya takut kenapa? Karna aku masih muda jd jalan.hidupku masih panjang tolong cepat di balez y

  15. Barusan sy digigit kelabang merah/coklat kecil.. Pdhl lg enak2 tidur… Bener rasanya spt ditusuk jarum suntik..racunnya berefek keperedaran darah sluruh tubuh gak ya? berhubung sy masih memberikan asi, bisa mempengaruhi asi tdk ya? Makasih

  16. tetanggaku di gigit kelapang sampai pingsan, bekas lukanya dibiarin aja ama dia selama 4 hari jadi membengkak, setelah seminggu bekas lukanya jadi membusuk, trus di bawa ke rumah sakit, ternyata racun nya ampai menyebar ke ginjal. Ngeri banget, jangan di remehkan

    • buat pembaca yang lain, komentar di atas juga sangat perlu diperhatikan.. beberapa jenis kelabang mungkin sangat beracun, tp sebagian besar memang tidak.. tp semua racun kelabang berdapmpak buruk pada organ vital dan sistem limpa kita..
      satu lagi, pengaruh besar juga bisa terjadi di gigitan kelabang pada penderita diabetes melistus

  17. Terima kasih infonya, tadi pagi istriku digigit kelabang waktu ambil pakaian. Memang benar setelah diusir dia masuk lagi ketumpukan pakaian, akhirnya berhasil dibunuh. Wqrnanya terang, coklat muda ke putih gitu. Setelah digigit bekas gigitannya saya kasih cuci pake air lalu dikasih balsem. Ab itu dia minum antalgin. Sekarang udah ga terlalu sakit lagi.

  18. Barusan aja digigit kelabang, lumayan juga senut”, mkasih infonya, awalnya tadi sempat kwatir tentang efek gigitannya, mudah”an ga apa”. Amin.

  19. saya baru saja di gigit klabang di samping telinga saya bung kira2 bahaya gak bung agak nyeri masalahnya akan tetapi klabangnya udah langsung aku bunuh dengan reflek sekali sampai sekarang saya g berani tidur takut ada klabang lagi di bawah kasur …terima kasih atas solusinya

  20. kelabang bisa mati disemprot pakai baygon… tp jangan yg gambar semut sama nyamuk doang… pengalaman sih sangat ampuh, paling cuman 1-2 menit kelabang masih bisa lari tp habis itu lgsg terkapar… lebih ampuh karena semprotanya kan menyebar jd ngumpet pun masih bisa kena… dan yg tidak kalah penting biasanya kelabang berdiam ditempat lembab semacam di saluran air… sebaiknya daerah itu ditutup kasa atau sejenisnya… mereka ga bisa hidup tanpa air… klo kelamaan di daerah kering jadi garing kok

  21. baru aja ak kegigit kelabang hitam, rasa gigitannya 2x rasa gigitan semut rang-rang. tp stlh itu bksnya hny bengkak kecil. tdk aku kasih apapun dlm 1 jam rasa sakit itu hilang dengan sendirinya. apa mgkn kelabang itu udah tua jd giginya udah pd ompong kali

  22. kalau digigit kelabang atau kalajengking, maka ntuk tidak menimbulkan bengkak dan rasa sakiit yang berlebihan racunnya harus dikeluarkan. cara mengeluarkan racun atau bissa tersenut dengan cara ditekan dengan batang pisanng (batang pisang bagian tengah. insya allah racun akan tertarik dan setelah ditekan selama 10 menit, pada bagian yang ditekan (gigitan akan keluar cairan). setelah satu jam sakait akan hilang sama sekali.

  23. hehehe saya semalam digigit klabang..
    habis digigit gak bisa tidur
    sanya panas dan nyeri..
    pagi ini aja masih terasa sakit :(

  24. Ada kelabang masuk kamar mandiku karna kamar mandi sm kamar nyatu kelabang masuk kamar mana ada lemari aku takut jd gak bisa tidur …jd enak nya biar kelabang kebunuh..tolong info nya .tq

  25. Sebelumnya sangat ucapkan terimakasih atas infonya,
    ketika saya tidur, saya merasakan ada sesuatu yang saya rasakan seperti di tusuk-tusuk dengan 2 jarum, dan ketika saya terbangun saya melihat kelabang hitam yang besar sedang berusaha melarikan diri ke kolong kasur. yang ternyata saya sudah digigit kelabang tersebut. dan mengalami bengkak ringan (bentol) disekitar gigitan kelabang tersebut. Alhamdulillah setelah mencari informasi dan baca artikel di blog agan, racun kelabang tidak terlalu berbahaya walaupun memang mengalami rasa sakit yang lumayan di sekitar gigitannya.

    langkah yang pertama saya menggunakanan ampas kopi, dan membubuhknnya di sekitar gigitan, sekitar 15-20 menit rasa sakit itu mulai berkurang meski area bekas gigitannya masih terlihat pembengkakan ringan (bentol)

    Langkah ke-2 adalah, segera minun obat antibiotik (amoxcilin) untuk meringankan / meminimalisir racun gigitan kelabang yang sudah terlanjur masuk di dalam tubuh anda.

    semoga kontarku juga bermanfaat buat teman-teman yang mengalami kejadian ini.

  26. Di kamar mandi saya ada kelabang tp warnanya ngga merah tp bewarna pucat itu bahaya ngga? Terus misal digigit apa sesakit kelabang merah, cara penyembuhannya gimana?

    • saya bukan dokter, Om.. pada dasarnya semua gigitan hewan itu bahaya,, bahaya buat yang nggak tahan sakit maksudnya.. kelabang memang sakit, tapi seperti yg udah sya jelasin, racun kelabang biasanya hnya mempengaruhi sekitar temtap gigitan (tp yang namanya tubuh, sakit satu sakit semua),, walau gimanapun kalo khawatir, langsung aja tanya ke dokternya.. kalo soal bahaya saya lebih mengunggulkan lebah sama kalajengking,,

  27. lagi belajar ttg berbagai tingkah laku binatang berbahaya nih…
    menurut sepengetahuan aku dari berbagai sumber, tidak semua ular takut garam…
    kalo kelabang emang sembunyi di tempat lembab dan sela-sela atau lubang-lubang, emang bener tuh pencegahannya…. bersih2….

  28. ketika saya tdr dgn nak saya tiba2 dpnggran kasur ada kelabng se jari telunjuk…lnsng sya bunuh tp smggu kmudian sya melht lg dbwah tangga rmh sya..sya tkt kelabng itu menggt nak saya krn nak sya msh balita.,bgmn ya cara mengatasi agar tdk muncl drmh sya lg ?apa pakai garam kelbng trsbt takut?

    • rumah saya juga sering ada kelabang buk, terutama kalo lagi musim hujn, kelabanganya pada keluar. seperti yang telah saya tlis, kalo kelabang ntu suka tempat yang berserakan, di bawah papan atau kayu bahkan di sela sela tangga, jadi untuk mencegahnya jaga kebersihan aja. Gara juga salah satu cara efektif untk mengatasi kelabng buk, silahkan dcoba saja. kalo pramuka aja di lapangan luas bebas kelabang karena garam, apalagi rumah. soalnya kelabang menghindari rasa asin, manfaatnya nggak hanya pada kelabang aja buk, ular juga bisa..

  29. Ping-balik: WELCOME 2012 : Melihat apa yang terjadi di Melacak Alam selama tahun 2011 « Melacak Alam

  30. Barusan saya di giti kelabang merah besar nih bro, sakit banget. Di gigit di kepala lagi, dia masuk k helm, pas lagi d jln tau2 kepala saya sakit kayax di gigit. Gak tau nya kelabang, sakit banget, klo di daerah kepala bahaya gak bro? Kelabang nya besar.

    • sya bukan dokter bro yg tahu banyak ttg ini, saya sarankan untuk segera berobt ke dokter mengingat kepala tu organ vital, tpi menurut saya nggak apa pa, karena racunnya kan nggak menyerang otak (kita punya tulang tengkorak). dari buku yang saya baca kalo racun kelabang tu hanya akan menimbulkan bengkak dan sakit (yang luar biasa) di sekitar tempat gigitan,, yang jadi masalahnya semakin besar kelabangnya, maka semakin sakit lah. jika kita dah pernah digigit sebelumnya, maka biasanya akan cepat sembuh..
      semoga ini membantu, tapi tetep musti tanya dokter lah..

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s