Pengamatan : Pantai Berpasir

alam

Pantai berpasir tebentuk dari bebatuan dan karang yang hancur karena hantaman air laut lalu terseret oleg gelombang menuju tepi laut dan membentuk Pantai Berpasir, selain itu, pasir juga dibawa oleh aliran sungai yang mengalir ke tepi laut.
Apa saja yang ditemukan di Pantai Berpasir?
Sekilas tidak banyak makhluk yang hidup di pantai berpasir. Akan tetapi, ketika kita mengamatinya dengan lebih cermat, maka akan terlihat beberapa tanda kehidupan. Di permukaan, akan terlihat lubang lubang kecil, liang, dan gundukan  yang merupakan tempat persembunyian cacing cacing, seperti yang kami temui ada cacing rambut, cacing rag, cacing kipas, serta cacing tanah juga terdapat disana. Selain itu, terdapat kerang kerangan, siput pasir, dan kepiting (uguy). Umang umang juga terlihat di daerah pantai yang agak kering. Mereka bersembunyi di bawah permukaan pasir agar terlindung dari panas matahari, pemangsa, dan air pasang. Disana juga ditemukan  burung camar.
Tumbuhan yang hidup ditepi pantai tidaklah beragam, kita dapat melihat pohon kelapa seperti gambar di atas.
Di pantai berpasir terdapat strandline. Strandline adalah serpihan puing puing yang membentuk garis panjang yang tertinggal saat pantai surut. Strandline yang kami temukan berupa puing puing sampah, bangkai ikan, cangkang kepiting, dan alga alga yang telah membusuk. Perlahan kami membalikkan puing puing tersebut, terlihatlah jenis udang yang melompat lompat mencari tempat persembunyian, selain itu juga terdapat anak kepiting.

One thought on “Pengamatan : Pantai Berpasir

  1. Ping-balik: WELCOME 2012 : Melihat apa yang terjadi di Melacak Alam selama tahun 2011 « Melacak Alam

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s