Cane Toad (Katak tebu) : Bufo marinus

Kodok ini menjadi sangat buruk ketika tak lama setelah dilepaskan ke ekologi Australia pada tahun 1935 dengan harapan bahwa mereka akan mengontrol populasi kumbang tebu yang merusak. Tapi yang diharapkan tidak terjadi, bahkan membawa bencana, karena kodok itu bereproduksi dengan sangat cepat.

Sekitar 3.000 kodok di bawa perkebunan tebu utara Queensland pada tahun 1935.Kodok ini berkembang dengan sangat cepat di sungai sungai dan sumur warga, sehingga di anggap sebagai hama.

Kodok ini besar, gempal, kulit berkutil, danberasal dari Amerika Serikat bagian selatan, Amerika Tengah, dan tropis Amerika Selatan. Jumlah mereka di Amerika tidak terlalu berkembang, hal ini disebabkan karena adanya pemangsa, sedangkan di Australia, tidak. kodok ini bahkan mencuri makanan hewan peliharan di kandang, dan di rumah rumah warga.

Efek yang dirasakan oleh lingkungan Australia antara lain, menipisnya spesies kod, dan serangga setempat karena dimangsa, juga keracunan pada hewan hewan peliharaan.

Racun kodok ini dengan cepat mempengaruhi fungsi jantung. Racun dikeluarkan di atas bahunya berbentuk seperti air susu. racunnya mematikan, tapi tidak terlalu berbahaya bagi manusia, tapi beberapa kasus orang dilaporkan meninggal pernah terjadi karena memakan kodok itu, bahkan telurnya.

Fast Facts

Type:
Amphibian
Diet:
Omnivore
Average life span in the wild:
5 to 10 years
Size:
4 to 6 in (10 to 15 cm)
Weight:
2.9 lbs (1.3 kg)
Group name:
Knot or nest
Did you know?
Seorang Pemerintah Australia bernama W.W. Froggatt nyaris berhasil menghentikan pelepasan kodok di Australia pada tahun 1935.
Size relative to a tea cup:
Illustration: Cane toad compared with tea cup

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s