Mexican Axolotl (Axolotl Meksiko) : Ambystoma mexicanum

 

Axolotl Meksiko (baca:  ACK-Suh-LAH-tuhl) merupakan salamander aneh yang tidak pernah menyelesaikan metamorfosisnya. Kondisi ini disebut neoteny.

Salamander ini terdapat di danau di Xochimilco (baca :  SO-chee-MILL-koh) dekat Kota Meksiko, berbeda dengan salamander lain yang bisa naik ke daratan, axolotl meksiko menghabiskan hadupnya di air, tapi Kadang mereka muncul di tepian danau

Kerabat dekatnya yaitu salamander harimau, axolotl dapat tumbuh menjadi sepanjang 30 cm, tapi rata rata setengah atau kurang dari itu. Mereka biasanya hitam atau belang-belang coklat, namun varietas albino dan putih agak umum, khususnya di kalangan spesimen penangkaran.

Axolotl dapat hidup hingga 15 tahun, mereka hanya memakan moluska, cacing, larva serangga, krustasea, dan beberapa ikan. Pemangsa salamander ini adalah ikan ikan besar, dan yang paling berbahaya adalah bangau yang sering mencari makan di danau itu.

Populasi mereka menurun karena pencemaran danau. Mereka juga populer dalam perdagangan akuarium, dan axolotl panggang dianggap sebagai makanan lezat di Meksiko, jumlah mereka menyusut lebih lanjut. Mereka dianggap sebagai spesies yang terancam punah.

Fast Facts

Type:
Amphibian
Diet:
Carnivore
Average life span in the wild:
10 to 15 years
Size:
Up to 12 in (30 cm)
Weight:
2.11 to 8 oz (60 to 227 g)
Protection status:
Endangered
Did you know?
Karena mereka memiliki kemampuan untuk meregenerasi bagian tubuh yang hilang, axolotl mungkin salah satu salamnder yang paling ilmiah dipelajari di dunia.
Size relative to a tea cup:
Illustration: Mexican axolotl compared with tea cup

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s