Apa Penyebab Pemanasan Global?


Para ilmuwan telah menghabiskan puluhan tahun mencari tahu apa yang menyebabkan pemanasan global. Mereka telah melihat siklus alam dan peristiwa yang diketahui mempengaruhi iklim. Tetapi jumlah dan pola pemanasan yang telah diukur tidak dapat dijelaskan oleh faktor-faktor tertentu saja. Satu-satunya cara untuk menjelaskan pola ini untuk memasukkan efek gas rumah kaca (GRK) yang dipancarkan oleh manusia.

Untuk membawa semua informasi ini bersama-sama, PBB membentuk sebuah kelompok ilmuwan yang disebut Intergovernmental Panel on Climate Change, IPCC atau. IPCC bertemu setiap beberapa tahun untuk meninjau temuan-temuan ilmiah terbaru dan menulis laporan merangkum semua yang diketahui tentang pemanasan global. Laporan masing-masing mewakili konsensus, atau kesepakatan, antara ratusan ilmuwan terkemuka.

Salah satu hal pertama yang para ilmuwan pelajari adalah bahwa ada beberapa gas rumah kaca bertanggung jawab untuk pemanasan global yang disebabkan oleh ulah manusia. Sebagian besar berasal dari pembakaran bahan bakar fosil di mobil, pabrik dan produksi listrik. Gas yang bertanggung jawab atas pemanasan yang paling adalah karbon dioksida, juga disebut CO2. Kontributor lainnya termasuk metana dilepaskan dari tempat pembuangan sampah dan pertanian (terutama dari sistem pencernaan hewan merumput), nitrous oxide dari pupuk, gas digunakan untuk pendinginan dan proses industri, dan hilangnya hutan yang dinyatakan akan menyimpan CO2.

Setiap Gas rumah kaca memiliki kemampuan yang berbeda dalam memerangkap panas . Beberapa dari mereka bahkan dapat menjebak panas lebih besar dari CO2. Sebuah molekul metana menghasilkan lebih dari 20 kali pemanasan dari molekul CO2. Nitrous oxide adalah 300 kali lebih kuat dari CO2. Gas-gas lain, seperti chlorofluorocarbons (yang telah dilarang di banyak dunia karena mereka juga menurunkan lapisan ozon), memiliki panas-perangkap ribuan kali lebih besar potensi dari CO2. Tetapi karena konsentrasi mereka jauh lebih rendah daripada CO2, tidak satupun dari gas menambah kehangatan sebanyak suasana sebagai CO2 tidak.

Dalam rangka untuk memahami dampak dari semua gas bersama-sama, para ilmuwan cenderung berbicara tentang semua gas rumah kaca dalam hal jumlah yang setara CO2. Sejak tahun 1990, emisi tahunan telah meningkat sekitar 6 miliar ton metrik “setara karbon dioksida” di seluruh dunia, lebih dari peningkatan 20 persen.

2 thoughts on “Apa Penyebab Pemanasan Global?

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s