Pohon Pohon Raksasa

Pohon adalah bentuk tumbuhan terbesar dan juga makhluk hidup terbesar di bumi. Pohon hidup jauh lebih lama dari hewan manapun. Beberapa pohon bisa bertahan selama ratusan bahkan ribuan tahun. Ada beberapa pohon yang mulai tumbuh jauh sebelum kerajaaan Romawi dan masih hidup hingga sekarang. Pohon bertindak sebagai para paru bumi, memenuhi udara dengan oksigen. Batang pohon menghasilkan kayu dan karet, yaitu getah batang yang di sadap.

-Discover Facts-

* Banyan atau pohon ara memiliki cabang yang menyebar dan menjadi tempat ratusan akar yang menggantung. Akar akar itu bertindak sebagai penynkong cabang. Banyan terbesar terletak di kebun raya di Calcutta, India. Pohon ini diperkirakan memiliki 1775 akar gantung.

* Menghitung daun pohon bukanlah pekerjaan yang menyenangkan. Tapi, tahukah kamu bahwa pohon oak tumbuh dan menjatuhkan setidaknya 250.000 helai daun per tahun.
* Pohon terbesar adalah sequoia raksasa yang diberi nama Jendral Sherman, tumbuh di Taman Nasional Sequoia, California, AS. Raksasa ini tingginya hampir 84 M, dan keliling batang mencapai 31,4 M. Beratnya diperkirakan mencapai 2500 ton atau kira kira seberat 350 ekor gajah. Redwood tumbuh lebih tinggi dari pada sequoia, tapi batang pohonnya tidak tebal, tinggi Redwood dapat mencapai lebih dari 100 m


* Pohon tertua saat ini yang masih hidup adalah cemara bristlecone di AS. Rentang usianya mencapai 4000 tahun lebih.


* Baobab Afrika memiliki batang pohon berbentuk tong yang menyimpan air. Keliling batangnya dapat mencapai 54 m. Setidaknya, dibutuhkan 30 orang yang berpegangan tangan untuk mengelilingi batang itu.

(Fakta Paling Top : Alam Kita)

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s