Sampah picu perubahan iklim

Timbunan sampah ternyata juga menjadi penyebab perubahan iklim dunia kedua setelah kerusakan hutan. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Dewan Nasional Perubahan Iklim Rachmat Witoelar seusai menghadiri Konferensi ke-10 Asia Pasific Roundatble for Sustainble Consumption and Production (APRSCP) di Yogyakarta, Kamis (10/11).

“Tumpukan sampah disebabkan orang belum memiliki kesadaran menjaga lingkungan. Perubahan iklim salah satunya dipicu oleh timbunan sampah,” katanya.

Untuk mengatasi perubahan iklim akibat sampah, seluruh masyarakat Indonesia hendaknya mengubah perilaku dari hanya sekadar membuang menjadi memanfaatkan sampah dengan baik dan benar.

Masyarakat Indonesia punya komitmen untuk mengurangi sampah melalui proses daur ulang. Selain itu, masyarakat Indonesia diharapkan menggunakan energi secara efisien dan ramah lingkungan. Ia menambahkan bahwa komitmen mengurangi sampah juga harus diikuti negara maju untuk mengurangi emisi gas karbon dioksida dari kalangan industri untuk mengatasi perubahan iklim.

“Pengurangan emisi gas karbon juga patut menjadi perhatian serius seluruh negara selain sampah,” ujarnya lagi.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s