Tahukah kamu? : Hewan Merayap

– Hewan dengan kaki terbanyak yaitu kaki seribu, jumlah kakinya mencapai 370 pasang kaki, terbanyak ke dua yaitu Kelabang dengan 14 (atau lebih) pasang kaki. Kelabang berlari jauh lebih cepat dari kaki seribu. Kedua ewan ini sama sama berbisa, tapi kelabang lebi agresif, sedangkan kaki seribu cenderung pemalu.


– Udang ronggeng dapat melubangi sebuah tangki kaca. Krustasea tersebut menggunakan cakar penghancur yang memiliki prinsip seperti pegas untung menghancurkan kulit kepiting dan menghajar udang ronggeng laun. Cakar itu disebut stomatopod. Ketika bertemu lawan yang lebih besar, udang yang lebih kecil cenderung menghindar daripada melilih resiko terbunuh.


– Laba laba rumah bisa berlari hampir 2 km/jam. Dilihat dari ukuran tubuhnya, hal ini setara dengan manusia yang berlari 800 m/s.
– Cacing raksasa Gippsland dari Australia memiliki panjang 4 m. Ketika merayap ke dalam liang, terdengar jelas suara menghirup dan mendenguk.


– Ubur ubur kotak (disebut juga ubur ubur penyengat) adalah ubur ubur paling beracun. Satu sengatan dapat membunuh seseorang kurang dari 4 menit. Walaupun tertolong, sengatannya dapat menimbulkan bekas yang mengerikan.


– Dengan garis tengah cangkang mencapai 30 cm, kepiting perompak menjadi kepiting darat terbesar. Ia mampi memanjat pohon, tapi sayangnya akan mati tenggelam di dalam air.


– Cumi cumi raksasa adalah invertebrata terbesar saat ini. Panjang tubuhnya mencapai 6,1 m dan tentakelnya mencapai 10,7 m. Satu satunya predator hewan ini adalah paus sperma.


– Kerang Pasifik raksasa memiliki cangkang terbesar. Diameter kerang ini mencapai lebih dari 1 m dan beratnya lebih dari 300 kg, tapi sayangnya hewan ini tumbuh sangat lambat, salah satu spesies di Atlantik Utara bahkan membutuhkan waktu 100 tahun untuk bertambah panjang 8 mm.

(Fakta Paling Top : Alam Kita)

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s