Melakukan Pengamatan di Hutan yuk!!!!

Sebelum melakukan pengamatan, ada baiknya kita mempersipakan berbagai hal berikut demi menjaga keamanan, keselamatan, dan tentunya agar kita mendapatkan hasil yang memuaskan, indah, dan bermanfaat.
Pertama, mari kita cek apa saja yang harus kita siapkan sebelum menjelajah hutan :

1. Sepatu
Jangan pernah meninggalkan barang ini, usahakan jangan memakai sendal, karena di hutan banyak benda benda tajam yang dapat dengan mudah melukai kaki, seperti tungul tunggul dari pohon yang telah tumbang dan lapuk, pecahan pecahan kulit bekicot, serta batu batu tajam dan licin. Pakailah sepatu yang nyaman di kaki, jangan terlalu kebesaran, dan tentunya tidak boleh sempit di kaki.

2. Sarung tangan
Pakailah sarung tangan untuk menghindari bahaya yang mungkin terjadi, seperti tidak sengaja memegang ulat bulu. Tentu saja kita tidak ingin sepulang dari pengamatan, tangan kita seperti tangan gajah, bukan?

3. Celana panjang
Nyamuk adalah hewan pertama yang akan mendekati kita di hutan. Menggunakan celana panjang dapat mengurangi kesibukan kita mengurusi serangga ini. Jika merasa nyaman, gunakanlah juga baju berlengan panjang.

4. Topi
Bukan hal yang terlalu penting, tapi topi dapat melindungimu dari sengatan sinar matahari dan debu

5. Catatan kecil
Jangan sampai apa yang menarik hilang begitu saja dari ingatan. Catat hal hal menarik dalam pelacakan ini, jangan lupa membawa pena.

6. Kotak serangga
Banyak sekali kegunaan dari benda ini. Jika ingin membawa objek pengamatan ke rumah, maka simpanlah di kotak serangga. Kita dapat membuatnya sendiri dari kotak bekas, jangan lupa melubangi kotak sebagai tempat sirkulasi udara. Jangan sembarang menangkap apa yang ditemukan di hutan jika kita tidak tahu bahayany.

7. Jaring serangga
Sangat jelas sekali kegunaan alat ini.

8. Korek api dan obor
Sekedar untuk berjaga-jaga, buatlah obor sederhana dari kain yang dililitkan lalu diminyaki dengan minyak tanah. Alat ini berguna ketika terdesak saat dikejar tawon juga serangga lain yang mungkin saja menyerang kita. Banyak serangga yang takut dengan api dan asap, tapi jangan pernah mencoba-coba mengasapi sarang lebah, lebah mungkin akan meninggalkan sarangnya, tapi jika kita tidak melakukannya dengan benar, nyawa kita dapat menjadi korbannya.

9. Kotak P3K
Ini adalah barang penting yang wajib ada dalam ransel. Membiarkan darah mengalir ketika terluka, dapat menyebabkan infeksi. Selain obat obatan yang memang biasa ada di kotak P3K, sediakan juga minyak zaitun.

10. Ransel/tas
Ransel dapap berguna untuk menyimpan kotak P3K, obor, dan catatan kecil. Jangan lupa membawa sebotol air mineral.

11. Kamera
Jangan sampai gambar gambar alam yang indah dan menakjubkan terlewat begitu saja, cepat jepret dengan kamera agar kapan saja kita bisa melihatnya kembali. Kita dapat menggunakan ponsel berkamera. Jika punya, bawalah kamera yang punya kualitas yang lebih bagus. Jangan lupa untuk setting jenis pengambilan gambar dengan Close Up, atau Micro, agar gambar yang diambil menjadi fokus ke objek yang akan kita potret.

Nah, itulah barang barang dan alat alat wajib yang harus kita bawa sebelum melakukan pengamatan ke hutan. Jangan pernah pergi sendirian, walaupun kita sudah memiliki pengamalan, ajaklah beberapa teman. Demi keamanan dan keselamatan, mari kita cek apa apa saja makhluk hutan yang harus kita hindari :

1. Ular
Ular tidak berbisa memang lebih banyak daripada ular yang berbisa di hutan. Ular berbisa biasanya cenderung menghindar seperti ular boomslang, tapi tidak sedikit ular berbisa yang sangat agresif. Oleh karena itu kita harus lebih hati hati pada hewan yang satu ini, satu gigitan dapat menghilangkan nyawa seseorang kurang dari setengah jam. Jika tergigit, cepatlah mengindar, cepatlah berkumur dan meminum minyak zaitun, lalu menghisap tempat gigitan agar racunnya berkurang, sesegera mungkin untuk pulang dan bawa ke rumah sakit. Jika memang sempat bertemu ular yang indah dan ingin mengambil gambarnya, ambillah dari jarak yang jauh dan pastikan ular itu tidak sampai terganggu.

2. Lebah
Lebah akan mengejar sampai lawannya menyerah, ia akan menyerang secara kawanan. Oleh karena itu, jangan pernah menggangu sarang lebah. Jika tidak sengaja menginjak sarng lebah yang dibangun di tanah, makan cepat cepatlah berlari sampil menyalakan obor.

3. Semut phon
Ketika kita digigit semut ini, maka ia akan mengeluarkan zat kimia cair yang akan membuat gatal, rasa sakit dan bengkak. Jika menggigit daerah wajah terutama bibir, maka dengan cepat membuat wajah kita menjadi seperti monster. Selain semut phon, ada lagi semut lain yang tidak kalah menyakitkan, yaitu semut api yang akan membuat bekas gigitan menjadi gatal dan terasa seperti terbakar.

4. Tanaman berduri
Di hutan, akan banyak kita jumpai tanaman dengan batang penuh duri. Berhati hatilah, beberapa tanam berduri memiliki racun seperti pernis jepang.

5. Ngengat
Sebagian besar ngengat tidak berbahaya, tetapi ada beberapa jenis ngengat pohon yang beracun.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s