Hujan petir ketika kamu di luar rumah

Ada yang bilang jangan dekat dekat tiang listrik dan pohon ketika hujan petir.
Yap, itu ada benarnya. Petir akan menyambar sesuatu yang tinggi, itulah sebabnya mengapa di gedung gedung tinggi terpasang semacam tiang kecil dari logam sebagai penangkal petir. Tapi bukan berarti tubuhmu yang tidak setinggi tiang listrik tidak disambar petir. Pernahkah kamu mendengar kisah Roy Sulvian?, yap. Dia adalah seorang anak yang disambar petir hingga tujuh kali, tapi dia berhasil selamat (petirnya nggak kena). Tapi, kasus kematian karena disambar petir pernah terjadi banyak sekali di luar negeri. Di Indonesia juga pernah, salah satunya adalah yang terjadi di Kepulauan Riau (berita selengkapnya bisa cari di google).
Ketika pohon di sambar petir, maka aliran listriknya menuju tanah, jadi, seseorang di dekat pohon dapat terkena sambarannya. Ingat,kan di pelajaran kimia bahwa Manusia juga termasuk elektrolit, dimana bisa menghantarkan listrik, bahkan lebih baik dari pohon.
Jadi, apa yang harus dilakukan ketika sedang berada di luar rumah dan tidak ada tempat berteduh selain sebuah pohon?.
Jawabannya adalah, duduk dengan posisi jongkok dengan tangan memeluk kaki (seperti orang yang kedinginan tapi tidak punya selimut). Insyaallah aman. Jangan lupa matikan hp dan perangkat elektronik lain ya . . Ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan ketika itu yaitu :
1. Berdiri. Ketika berdiri, ion positif dan negatif pada tubuh akan kembali ke posisi awal, dimana akan memudahkanmu disambar. Itulah sebabnya kamu di anjurkan untuk berjongkok (bukan duduk).
2. Melompat. Mungkin akan terlihat bodoh jika kamu melompat lompat ketika itu. Tapi hal ini jangan pernah dilakukan, resiko tersambar bisa 2 kali dari berdiri. Mekanismenya begini, petir menyambar pohon lalu merambat ke tanah (yang merambat adalah aliran listriknya), di tanah, aliran listriknya mengalir searah. Maksudnya di kanan pohon, alirannya akan terus mengalir ke kanan (tidak pernah arusnya tabrakan. Kalau tabrakan mereka mati), begitu juga dengan kiri pohon. Ketika kamu melompat, maka aliran listrik akan tertarik dengan muatan tubuhmu, persis seperti petir dari awan yang tertarik untuk menyambar pohon. 3. Menyandar di pohon. Sepertinya hal ini tidak perlu di jelaskan lagi. 4. Selamat mencoba. He he he.
Post kali ini aku persembahkan untuk sahabatku dari kecil, Tomi yang suka berburu burung di hutan.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s