Kadal : Komodo, Kadal Terbang, Kadal Gurun, dan Soa Payung

Kadal adalah kelompok reptil yang paling beragan jenisnya, tapi kali ini Melacak Alam hanya akan membahas tiga jenis kadal aja, yaitu yang ditulis di judul, karena pembahasannya dikit, jadi ketiganya di gabungin. Ok Guys, let’s check it out

Komodo
rose
Komodo adalah kadal terbesar di dunia. Panjang tubuhnya mencapai rata rata 3 meter dengan berat mencapai 150 kg. Komodo termasuk hewan yang agresif, tapi ia cenderung menghindar manusia daripada menyerang. habitat aslinya, ya di pulau Komodo. oh ya, Komodo ternyata kanibal lho, ia juga sering ditemukan memangsa telurnya sendiri, makannya hewan ini termasuk hewan yang terancam punah. oleh karena itu, di Taman Nasional Komodo terdapat ingkubator khusus telur komodo, disana telurnya dierami agar induknya enggak makan telurnya sendiri. sayangnya dari sekian banyak telur, tidak semua telur yang menetas, dan telur yang tidak menetas terbuang percuma karena membusuk.
Note : daripada dibiarin di alam liar terus dimakan, mending di masukin ingkubator walaupun enggak menetas semua.

Kadal Terbang
rose
Kadal terbang adalah kadal yang bisa terbang. he he, tapi bukan berarti ia punya sayap seperti kupu kupu yang lucu, kemana engkau pergi, hilir mudik mencari, ups..
kadal terbang ini memiliki rusuk yang memanjang dan dihubungkan oleh kelepak kulit (yang dia pake buat terbang). tidak seperti burung yang sayapnya terletak di punggung, kulit terbang kadal ini terletak di perut di antara tangan dan kakinya. kalo dia enggak terbang, kulit itu dilipat di sampung badannya. kadal terbang dapat meluncur sampai sejauh 60 Meter lho, hebat. plok plok plok..

Kadal Gurun
rose
jangan pikir gurun yang gersang adalah tempat yang suram, tentram, sunyi, senyap dan tak berpenghuni. kalajengking juga banyak tinggal digurun lho. tapi sekarang bukan waktunya membahas kalajengking, this time is for kadalz. seperti yang kita ketahui bahwa di gurun itu panas, tentusaja tidak mudah bagi kadal untuk mendapatkan air. tapi bagaimana ia hidup?. walaupun gurun panas, tapi pada malam harinya menjelang pagi (subuh), sama seperti tempat tempat lainnya (kecuali kutub), turun embun. nah, kadal gurun memanfaatkan duri di tubuhnya untuk mengumpulakn air untuk minum, hebatnya embun embun yang menempel di durinya mengalir ke mulutnya, kesimpulannya kadal ini harus bangun pagi pagi kalo enggak mau kehabisan air ckckckck.
jangan tanya kenapa, karena ku tak tahu.. akuu tak ingin bila.. he he.
oh ya, kadal ini habitat aslinya ada di Australia, jadi kalo mau meet and greet bareng kadal gurung, langsung cek TKP, disana juga surga bagi baebagai macam jenis dan bentuk kadal.
Kadal : sampai ketemu di australia yee

Soa Payung
rose
Soa payung terkenal dengan rumbai di kepalanya. jika dalam bahaya, maka dengan siap siaga dan dengan kekuatan penuh ia buka mulutnya lebar lebar dan mengembangkan rumbainya. nampaklah kadal ini seperti monster yang sangat menakutkan (bagi makhluk lain tentunya, plus cewek juga takut he he). rumbai itu dapat berukuran 4 kali besar tubuhnya. sambil mengangguk angguk, mendesis, dan menjogetkan ekornya ia bernyayi gembira melihat musuhnya pergi. Oh ya, hewan ini banyak di jual lho, padahal bagus kalo hidup di alam terbuka. hiks hiks

One thought on “Kadal : Komodo, Kadal Terbang, Kadal Gurun, dan Soa Payung

  1. Sekarang sulit nyari kadal terbang. Di tempat Saya namanya Haphap. Dulu mah masih banyak Saya lihat di pepohonan terbang sana kemari. Mungkin karena pohonnya banyak ditebang, jadi pada kabur smua.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s