Pengaruh minuman berpemanis bagi Wanita

Minum dua gelas atau lebih minuman berpemanis per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes pada perempuan. Meskipun demikian, kebiasaan itu tidak menaikkan berat badan.

Menurut Health Day News, soda dan minuman berpemanis lainnya adalah target dalam upaya memerangi obesitas. Masalahnya, menurut hasil penelitian terbaru, minuman tersebut mungkin bukan penyebab naiknya berat badan, melainkan justru memicu sesuatu yang lebih parah.

Perempuan paruh baya yang minum dua gelas atau lebih minuman tersebut dalam sehari memiliki risiko empat kali lebih tinggi akan mengalami kenaikan lemak darah yang disebut trigliserida.

Selain itu, minuman tersebut juga merusak kadar gula darah mereka jika dibandingkan dengan kelompok perempuan yang hanya minum satu gelas sehari.

Berita baiknya, kedua kelompok itu sama-sama tidak menunjukkan kenaikan berat badan. Penemuan tersebut dipresentasikan dalam pertemuan tahunan The American Hearth Association di Orlando, Florida, Amerika Serikat.

Walau demikian, kasus tersebut tidak terjadi pada kaum pria. Tidak ada keterangan mengapa kelompok minuman yang manis-manis itu tidak memengaruhi kaum pria.

Kemungkinan penyebabnya adalah perempuan membutuhkan energi lebih sedikit untuk metabolisme daripada pria. Dengan demikian, dua gelas soda setiap hari tidak akan memengaruhi kondisi kaum pria. Mereka membutuhkan lebih banyak porsi agar bisa dilihat dampaknya.

Pada akhirnya, mengurangi atau tidak mengonsumsi sama sekali minuman berpemanis adalah langkah paling mudah untuk menghindarkan diri terkena penyakit jantung dan diabetes. Bukankah demikian?

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s