Warty Newt : Triturus cristatus

rose
Kadal jambul berkutil ini hanya hidup di Eropa. Betina, yang lebih besar dari jantan, bisa mencapai 7 inci (18 cm) panjangnya, hewan ini juga gemuk, yang menjadikannya kadal air terbesar di benua itu.

Sesuai dengan namanya, kadal ini memiliki benjolan benjolan kecil serupa kutil di tubuhnya. Kulit mengandung kelenjar yang mengeluarkan, susu berbau tajam untuk menghalangi predator.

Kadal air ini umumnya berwarna gelap di atas dan di bawahnya berwarna oranye atau kuning dengan bintik-bintik hitam. Mereka juga memiliki bintik bintik putih pada sisi mereka dan ekor.

Kadal air Warty aktif di malam hari ia memangsa cacing, siput, dan serangga di darat, dan berudu dan moluska di dalam air. Mereka lebih sering ke daratan daripada kadal air lainnya yang menghabiskan banyak waktu di air, namun mereka juga harus tetap dekat dengan air untuk menjaga kelembapan tubuh.

Kadal air ini menghabiskan sebagian besar hidup mereka dalam hibernasi, biasanya dari sekitar Oktober-Maret setiap tahun. Pada suatu malam hujan di bulan Maret, mereka membangkitkan dan perjalanan kembali ke kolam di mana mereka menetas untuk kawin.

Betina dapat menghasilkan 200-300 telur, tetapi hanya sekitar setengah yang berkembang menjadi berudu. Berudu muncul dari telur mereka dalam waktu sekitar 21 hari dan memakan serangga kecil seperti kutu air dan cacing kecil. Kadal air berkutil hidup sampai lebih dari 16 tahun. Seperti semua kadal air, mereka bisa menumbuhkan kembali bagian tubuh jika diperlukan, tapi hal ini dapat mengurangi usia mereka.

Populasi mereka saat ini menurun drastis dan di anggap spesies yang hamper punag. Mereka dan habitat mereka dilindungi di bawah hukum Eropa.

Type:
Amphibian
Diet:
Carnivore
Average life span in the wild:
Up to 25 years
Size:
7 in (18 cm)
Weight:
0.22 to 0.37 oz (6.3 to 10.6 g)
Did you know?
Di Eropa, aturan dan perijinan khusus harus didapatkan untuk melihat dan mengendalikan kadal ini.
Size relative to a tea cup:
rose

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s