Semut : Formicidae

rose
Semut adalah serangga yang umum, tetapi mereka memiliki beberapa kemampuan yang unik. Lebih dari 10.000 spesies semut yang dikenal di dunia. Mereka terutama tinggal di hutan tropis.

Semut terlihat seperti rayap, dan dua sering bingung-terutama oleh pemilik rumah. Namun, semut memiliki “pinggang” sempit antara perut dan dada, yang rayap tidak. Semut juga memiliki kepala besar, antena menyikut, dan rahang kuat. Serangga ini milik ordo Hymenoptera, yang mencakup tawon dan lebah.

Antusias serangga sosial, semut biasanya hidup dalam masyarakat sarang terstruktur yang mungkin berlokasi di bawah tanah, di tanah-tingkat gundukan, atau di pohon-pohon. Semut Carpenter bersarang di kayu dan dapat merusak bangunan. Beberapa spesies, seperti semut tentara, menentang norma, dan tidak memiliki rumah permanen, bukan mencari makanan bagi koloni besar mereka selama periode migrasi.

Komunitas semut dipimpin oleh seorang ratu atau beberapa ratu, yang berfungsi dalam hidup adalah untuk meletakkan ribuan telur yang akan menjamin kelangsungan hidup koloni. Pekerja (semut biasanya terlihat oleh manusia) adalah perempuan bersayap yang tidak pernah mereproduksi, melainkan mencari makanan, merawat keturunan ratu, bekerja pada sarang, melindungi masyarakat, dan melakukan banyak tugas lainnya.

Semut jantan seringkali hanya memiliki satu peran yaitu kawin dengan ratu. Setelah mereka telah melakukan fungsi ini, mereka mungkin meninggal.

Semut berkomunikasi dan bekerja sama dengan menggunakan bahan kimia yang dapat mengingatkan orang lain untuk bahaya atau membawa mereka ke sumber makanan yang menjanjikan. Mereka biasanya makan nektar, bibit, jamur, atau serangga. Namun, beberapa spesies memiliki pola makan yang lebih tidak biasa. Semut Tentara mungkin memangsa reptil, burung, atau bahkan mamalia kecil.

Satu Amazon spesies (Allomerus decemarticulatus) kooperatif membangun perangkap yang luas dari serat tanaman. Perangkap ini memiliki banyak lubang dan, ketika seekor serangga masuk perangkap, ratusan semut di dalam menggunakan bukaan untuk merebut dengan rahang mereka.

Spesies lain, yang semut kuning gila (Anoplolepis gracilipes), mampu membentuk supercolonies disebut rumah beberapa ratu. Semut merupakan ancaman signifikan terhadap populasi endemik pulau kepiting merah, karena ketika kepiting kepiting itu bermigrasi dan melewati sarang semut itu, maka akan diserangnya.
Type:
Bug
Diet:
Omnivore
Average life span in the wild:
Several weeks to several years
Size:
0.08 to 1 in (2 to 25 mm)
Group name:
Army or colony
Did you know?
Semut dapat membawa makanan yang jauh lebih berat dari berat tubuhnya.
Size relative to a paper clip:
rose

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s