Apa saja jenis semut yang berbahaya?

Semut merupakan hewan dengan koloni terbanyak didunia. Hewan yang hidupnya selalu bekerja dengan kelompoknya ini bersama-sama membangun dan menjaga sarangnya dari para pemangsa.

Terlihat semut memang sangat kecil dan tidak terlalu berbahaya, tapi apakah anda tau walaupun semut sangat kecil mereka bisa membunuh lawan yang ukurannya lebih besar dari dirinya.

Dibawah ini adalah daftar semut paling mematikan di dunia dan sangat ditakuti oleh manusia.

1. SEMUT API (Solenopsis invicta)

rose
“Api semut (panjang 0,24 inci) telah menjadi masalah yang tersebar di Amerika Serikat setelah mereka sengaja diperkenalkan pada 1930-an. Dikenal dengan koloni semut yang besar berlindung dalam gundukan dan bersifat agresif, mereka menyerang dalam kawanan setelah mencium feromon yang dikeluarkan oleh sengatan semut pertama. Jadi jika Anda tersengat sekali, Anda telah ditandai untuk mendapatkan penyerangan oleh seluruh koloni jika Anda tidak bisa lolos dengan cukup cepat. binatang kecil seperti burung dan mamalia yang lebih besar seperti anak sapi baru lahir seringkali menjadi korban karena mereka tidak dapat melarikan diri dalam waktu sebelum mereka melahap secara massal.”

2. SEMUT AGENTINA (Linepithema humile)
rose
“Semut Argentina (panjang1 / 10 inci) merupakan spesies semut sosial, yang dikenal luas dengan organisasi koloni nya. Bahkan, kemiripan genetik yang sangat mirip diantara semut-semut tersebit, seekor semut individu dapat berjalan ke berbagai koloni terdekat tanpa dibunuh untuk intrusi. Gabungan dari beberapa koloni semut ini bersifat sangat merusak, terutama jika dekat pemukiman manusia. Masalah dengan semut Argentina adalah bahwa mereka termasuk 100 penyerbu hewan terbesar di dunia , dikenal sebagai pembunuh spesies semut pesaing di daerah-daerah geografis non-asli, seperti di Australia. Dalam artikel terkait di atas, para ilmuwan menyatakan bahwa ribuan koloni semut super Argentina dengan panjang ribuan mil dapat terbentuk di Australia selatan jika semut asli daerah tersebut memiliki genetik yang sama dan perilaku yang sama pula.”

3. SEMUT SIAFU (Dorylus nigricans)

rose
“Semut berbaris melalui hutan dalam kelompok jutaan, makan apa pun yang bergerak dan sangat mempengaruhi lingkungan setempat (bahkan gajah lari dari mereka). Istilah “semut pembunuh” biasanya berlaku untuk spesies ini hanya karena besarnya ukuran koloni (lebih dari 20 juta ekor). Ketika dalam perjalanan besar, semut berjalan dalam barisan panjang di lantai hutan, semut dengan kelas yang lebih kuat dari semut tersebut berjalan di sisi yang berlawanan mengapit semut lainnya dengan posisi rahang bersiaga. Pada kenyataannya mereka begitu kuat , bahkan ketika anda dapat membelah semut menjadi dua setelah ia menggigit kulit anda, tetapi rahangnya masih akan tetap dalam posisi terkunci. Di Afrika Timur, dalam situasi darurat rahang semut siafu digunakan sebagai ‘benang jahit’, untuk menutup luka yang terbuka.”

4. SEMUT BULLDOG (Myrmecia forficata)

rose
“Sangat menakutkan bila membandingkan banyaknya keterampilan predator/pembunuh yang mereka miliki dibandingkan dengan spesies semut lain, seperti penglihatan yang sangat baik (mereka bisa melihat dan mengikuti anda dari puluhan meter), sengatan yang sangat menyakitkan yang dapat menyebabkan syok anafilaksis pada orang alergi, dan mereka sangat agresif untuk penyusup, termasuk manusia. Kombinasi ini membuat mereka bertanggung jawab atas kematian orang setiap tahun di Australia.”

5. SEMUT PELURU (Paraponera clavata)
rose
“Semut Peluru Amerika Selatan diketahui memiliki sengatan paling menyakitkan di seluruh planet, index sengatan tertinggi dari Schmidt Pain Index menempati posisi 4.0. Nama semut ini berasal dari rasa sakit 24 jam yang disebabkan dari racun dari hasil sengatannya. Semut Peluru juga berukuran raksasa, panjangnya berkisar antara 18 sampai 25 mm (1 inci). racun ini sangat neurotoksik, menyebabkan sakit luar biasa ketika disuntikkan ke dalam otot mamalia halus. Ketika diserang, semut pembunuh ini mengeluarkan komando perang kepada kawanannya untuk bersama untuk membela terhadap penyusup, dan mereka benar-benar akan menyerang dan menyengat musuh mereka sampai mati.”

sumbe : vibulletin.com

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s