Apa sih yang terdapat pada kentut sigung yang bau?

rose
Pada bagian kali ini Melacak Alam akan membahas sedikit mengenai sigung dimana tim kami mendapat beberapa informasi penting tentangnya dari dua buku yaitu buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia (gramedia), dan Intisari Ilmu : Mamalia (erlangga) (silahkan beli kedua buku tersebut untuk lebih lengkapnya). Langsung aja MaLamfa (Melacak Alam fans), mari sama sama kita jelajah lebih dalam tentang sigung.
Sigung adalah mamalia yang memiliki senjata pertahanan diri berupa kentut yang sebenarnya tidak 100 persen berbentuk gas, tapi seperti spray. Tapi tahukah kamu bahwa sigung menyemprotkan senjatanya bukan dari lubang dubur, tetapi dari dua buah secretor yang terdapat pada dubur, dimana masing masing secretor dapat menembak lebih dari enam kali. Sigung dapat menyemprotkan cairan baunya bahkan sampai lima meter, sekali saja terkene semprotannya, baunya akan bertahan cukup lama.
Apa sebenarnya kandungan cairan itu?, pada cairan itu terdapat salah satu unsure yang sama dengan kentut manusia yaitu butyl mercaptan yang merupakan bau paling busuk di dunia, jika mengenai mata, kita bahkan bisa buta untuk sementara waktu.
Sigung tidak sembarangan menggunakan senjata ini, ia akan menggunakannya ketika merasa terancam. Kita dapat mengenali gerak gerik tubuhnya ketika ia akan mengeluarkan cairan baunya. Pertama tama ia akan menggoyangkan tubuhnya seperti menari, lalu akan merendahkan kaki depannya sambil bokongnya diangkat. Ketika musuh tidak juga pergi, “Croooot” cairan bau disemprotkan tanpa belas kasihan.

One thought on “Apa sih yang terdapat pada kentut sigung yang bau?

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s