Global warming semakin mengancam

Sebenarnya, seberapa sadar kita terhadap masalah ancaman pemanasan global? Seberapa parahkah ancaman pemanasan ini sebenarnya? Masalah ini barangkali sudah dibahas dalam berbagai penelitian. Namun, sayangnya, sosialisasi tentang dampak perubahan iklim yang bisa menaikkan suhu bumi, belum mampu menyadarkan kita semua. Padahal, ancamannya jelas di depan mata. Banjir di Jakarta, salah satunya adalah karena garis batas permukaan air laut selalu naik. Tentu, bertahun-tahun mendatang, jika hal ini dibiarkan, Jakarta bisa benar-benar tenggelam.

Hal ini jugalah yang ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon. Ia menanggapi temuan laporan terbaru soal iklim yang dirilis Panel Antarpemerintah mengenai Perubahan Iklim (IPCC) di Valencia, Spanyol. Apalagi, ia mengatakan bahwa dirinya menyaksikan sendiri dampak nyata perubahan iklim saat berkunjung ke Antartika dan Amazon. “Bukti yang saya lihat benar-benar sangat menakutkan, seperti dalam fiksi ilmiah, namun nyata,” tegas Ban Ki-moon.

Karena pemandangan itulah, ia mengajak semua negara, untuk mulai menyadari bahwa dampak perubahan iklim mempengaruhi kita semua dan akibatnya menjadi sangat serius dan begitu luas. “Hanya aksi global yang segera saja yang bisa mengatasinya,” sebutnya.

IPCC beberapa waktu lalu memang telah mempublikasikan laporan hasil perpaduan dari ratusan karya para pakar yang meneliti ribuan bukti. Jadi, bisa dikatakan, bahwa apa yang diungkap IPCC itu memang sangat valid. Dan, hasilnya sungguh mengerikan. Yakni, iklim selalu bertambah panas, bahkan hingga 90 persen, dan semua itu disebabkan oleh manusia.

Maka, jika kesadaran dunia akan hal ini belum maksimal, ancaman tersebut akan semakin serius. Akan makin banyak bencana kekeringan di satu sisi, dan bencana banjir di sisi lain. Yang mengerikan, sepertiga spesies dunia diperkirakan akan punah. Perubahan ini, sayangnya – jika sudah terjadi – tidak bisa diperbaiki. Tentu, kita tidak ingin semua ini menjadi penyesalan yang datang terlambat bukan? Jadi, marilah mulai kita perbaiki kepedulian akan iklim dan alam sekitar hari ini juga. Setujukah Anda?

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s