Kalajengking Raksasa pada zaman dahulu

Apakah Anda termasuk orang yang takut dengan binatang kecil semacam serangga, kecoak, kelabang, hingga kalajengking? Atau, Anda sekadar merasa jijik dengan binatang-binatang itu? Kalau iya, beruntunglah Anda. Karena, jika kita hidup beberapa ratus juta tahun silam, kita mungkin tak hanya jijik. Tapi bisa mati karenanya. Betapa tidak, ternyata ukuran binatang yang rata-rata saat ini tak sebesar kepalan tangan, beberapa ratus tahun silam berukuran lebih besar dari manusia dewasa.

Hal ini terungkap dari hasil penemuan para peneliti dari Inggris. Mereka berhasil menemukan fosil capit kalajengking berukuran raksasa. Betapa tidak mengagetkan. Setelah direkonstruksi, diperkirakan kalajengking ini melebihi ukuran laki-laki dewasa. Paling tidak, diperkirakan oleh para ilmuwan ini, kalajengking ini panjangnya delapan kaki.

Salah seorang paleontologist, ahli yang ikut terlibat dalam penemuan itu, Simon Baddy dari Universitas Bristol, Inggris, mengatakan bahwa fosil tersebut diperkirakan berumur 390 juta tahun. Ia menyebut bahwa penemuan ini adalah sebuah hal yang luar biasa. Karena, dari hal tersebut, ia bisa memperkirakan bahwa bahwa spesies sejenis laba-laba, serangga dan kepiting atau hewan-hewan sejenisnya memiliki ukuran lebih besar ketika zaman purba. “Kami telah tahu bahwa penemuan fosil dapat memberi keterangan adanya serangga-serangga raksasa. Namun kami tidak pernah menyadari sebesar apa mereka sampai pada penemuan ini,” ujar Simon.

Prof. Jeorg W. Schneider, seorang paleotologist dari Akademi Pertambangan Freiberg, Jerman menguatkan pendapat Simon. Menurutnya penemuan ini menghasilkan sebuah informasi baru tentang kehidupan terakhir kalajengking raksasa sebelum mereka punah. Ia juga menambahkan bahwa kalajengking ini sempat mendominasi kehidupan bawah laut namun kemudian punah karena mereka menjadi makanan ikan-ikan yang lebih besar.

Begitulah, ternyata, kehidupan ratusan juta tahun silam, memang dihuni oleh berbagai binatang raksasa. Jadi, bersyukurlah kita, mereka sudah punah. Jika tidak, bagaimana jadinya kehidupan saat ini?

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s