Pengamatan : Dunia Kadal kebun (Emoia cyanogaster) yang lincah

rose
Kadal ini sering terlihat berjemur di atas daun pisang maupun bebatuan yang dapat memberinya kehangatan. Tiap kali kita ingin menangkapnya, dengan cepat ia menghindar secepat kilat. Kita dapat menagnkapnya dengan hati hati dan penuh penghayatan, ketika posisi sudah menguntungkan dengan cepat kita juga harus menyambarnya dengan secepat kilat 1/5 harus lebih cepat dari gerak refleksnya. kadaal ini biasanya kabur dengan gerakannya yang zigzag, jadi kita dapat memprediksikan gerakannya.

ketika berhasil menangkapnya, perlakukanlah secara lembut, ia tak akan lari dari genggaman tangan kita karena ia sangat menikmati panas tangan kita.

kita dapat mengamatinya untuk beberapa hari dalam Terarium kotak berukuran 75x50x40 cm dengan tiga sisinya dipasangi kaca sesuai selara dan sisi atas dipasangi kawat kasa. sesuai dengan kehidupan kadal kebun yang menyukai tempat yang gelap dan berlorong, kita dapat membuat gua dari pecahan pot bunga, batu dan kulit kayu, jangan lupa dasarnya diberi tanah dan ditanami tanaman, atau dapat menanam tanaman di piring kecil lalu dimasukkan ke dalam terarium, usahakan terarium kita rimbun, jangan lupa meletakkan semangkuk air di dalam mangkuk yang ditenggelamkan dalam tanah terarium.
rose
Contoh 1
rose
Contoh 2
rose
Contoh 3
rose
Contoh 4
– – – –
Kadal kebun sangat menyukai tungau tungau yang biasa terdapat dalam tepung, ia juga suka ulat hijau, lalat, kupu kupu, semut, dan laba laba, jadi kita tidak terlalu sulit mendapatkan makanannya. makanan dapat diberikan setiap pagi, siang, dan sore hari. jangan lupa setiap pagi juga harus di buat hujan buatan dengan menggunakan semprotan bekas rapika dkk. letakkanlah Terarium kita dekat sebelah timur yang terkena sinar matahari pagi.

One thought on “Pengamatan : Dunia Kadal kebun (Emoia cyanogaster) yang lincah

  1. Ping-balik: WELCOME 2012 : Melihat apa yang terjadi di Melacak Alam selama tahun 2011 « Melacak Alam

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s