Racun kalajengking dapat digunakan untuk membasmi hama

Binatang berbisa, selain membahayakan, namun ternyata bisa juga berguna bagi manusia. Tentu, harus dilakukan sejumlah perlakuan tertentu, agar bisa tersebut dapat digunakan untuk keperluan manusia. Beberapa khasiat yang dipercaya terkandung dalam racun, di antaranya untuk pengobatan penyakit tertentu dan obat kuat. Namun, tak hanya itu. Racun ternyata bisa juga untuk membasmi hama tanaman.

seperti yang Melacak Alam kutip dari blog http://www.andriewongso.com, beberapa ilmuwan dari Universitas Maryland yang dipimpin oleh Profesor Raymond St Leger melakukan penelitian terhadap racun kalajengking. Hebatnya, binatang yang menjadi simbol bintang scorpio itu ternyata bisa digunakan untuk membunuh hama, tanpa merusak tanaman dan lingkungan.

Profesor Raymond mengatakan, bahwa gen kalajengking bisa menghasilkan racun jamur secara ekstrim, yang mampu mematikan hama seperti kumbang perusak panen kopi. Penelitian yang juga melibatkan Akademi Sains China yang dipimpin Chengshu Wang ini dipaparkan dalam jurnal Nature Biotechnology. Dalam jurnal itu, Raymond dan Chengshu menyebut bahwa racun neuro-toxin kalajengking dapat membunuh serangga dalam beberapa hari. “Kalajengking memiliki racun yang hebat yang bisa digunakan untuk membunuh serangga,” terang Raymond meyakinkan.

Penemuan ini, bisa jadi akan membawa perubahan dalam pola pembasmian hama selama ini. Sebab, beberapa racun pembasmi serangga yang mengganggu tanaman – seperti pestisida – selama ini cenderung merusak lingkungan. Bahkan, disinyalir, racun pestisida pun bisa membahayakan manusia dalam jangka panjang. Karena itu, bisa dikatakan penemuan ini adalah berita gembira bagi kita semua. Bagaimana pendapat Anda?

Sumber : http://www.andriewongso.com

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s