IBUKOTA : Waspada angin puting beliung

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), meminta masyarakat Ibu Kota Jakarta mewaspadai fenomena hujan deras diikuti angin kencang seperti yang terjadi Kamis (5/1) siang tadi. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, fenomena cuaca yang berlangsung di kawasan Ibu Kota Jakarta itu merupakan wujud dari puting beliung.

”Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 60-90 Km/jam yang berlangsung 5-30 menit akibat adanya perbedaan tekanan sangat besar dalam area skala sangat lokal yang terjadi di bawah atau di sekitar awan Cumulonimbus (Cb),” ujar Sutopo dalam keterangan yang diterima Jurnal Nasional.

Sutopo menjelaskan, proses terjadinya puting beliung terkait erat dengan fase tumbuh awan Cb. Saat ini puting beliung sangat marak di Indonesia.

Lebih jauh ia menjelaskan, bencana puting beliung juga menunjukkan trend meningkat setiap tahunya. Dalam 10 tahun terakhir yaitu dari 2002-2011 terjadi 1.564 kejadian puting beliung atau 14% dari total kejadian bencana di Indonesia.Untuk itu terang Sutopo, adaptasi terhadap ancaman puting beliung diperlukan.

”Antara tahun 2002-2011 terjadi kenaikan 28 kali lipat kejadian puting beliung. Jika tahun 2002 kejadian hanya 14 kali. Pada tahun 2006 terjadi 84 kejadian. Tahun 2010 ada 402. Tahun 2011 ada 285 kejadian dengan korban meninggal 21 orang, mengungsi 9.081 orang, 13.684 rumah rusak,” katanya.

Penulis: Aria Triyudha
Sumber : Jurnal Nasional

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s