Ribuan Ikan Mati dan Hilang Begitu Saja di Pantai Utara Norwegia

<href= img src=http://www.jurnas.com/fototmp/detail/37908-49560-0-3056-7cc872197aa2ffd5bd1399069e775576.jpg
MENJELANG akhir tahun 2011, tepatnya pada 30 Desember, warga yang bermukim di sekitar pantai Kvanes, bagian Tromose, Norwegia Utara, dikejutkan dengan matinya ribuan ikan dan terhampar di sepanjang pantai tersebut. Namun yang masih menjadi misteri, keesokan harinya, 31/12, semua ikan yang sudah kering itu hilang bagai ditelan bumi.

Dilaporkan, saat menemukan ribuan ikan yang mati tersebut, warga panik, lalu mulai berpikir untuk membersihkannya. Mereka khawatir, jika ikan tersebut membusuk, akan sangat mengganggu kesehatan. Namun, esok harinya, saat warga meninjau ke pantai, 20 ton ikan itu hilang.

Peneliti Institut Norwegia, Jens Kristen Hols, mengatakan, banyak kemungkinan yang menyebabkan ikan itu mati dan terhampar di pantai. Secara ilmiah, ia mengungkapkan bisa saja ikan tersebut dihempaskan badai. Kemudian hilang karena di seret arus laut yang deras.

Jens mengingatkan, malam Natal lalu, badai menghampiri laut di pesisir Lingkaran Arktik. Badai tersebut sangat mungkin memabukkan ikan dan menghempaskannya ke pantai Kvanes, bagian Tromose.

AP

Penulis: Abu Sahma Pane
Sumber : Jurnal Nasional

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s