Fakta tentang alat reproduksi jangkrik

rose

Bila ditanya, binatang apa yang punya testikel terbesar? Mungkin banyak yang akan menjawab, ‘kuda!’

Sayangnya, jawaban itu salah. Sebab binatang pemegang rekor ukuran testikel terbesar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya adalah: Jangkrik bushcricket (Platycleis affinis).

Seperti dikutip dari LiveScience, di Australia dan Amerika, jangkrik jenis ini dikenal juga sebagai tonggeret. Menurut pakar ekologi tingkah laku dari University of Derby Inggris Karim Vahed, jangkrik ini di Eropa bagian Selatan bisa dijumpai di daerah berumput.

Menurut para peneliti, jangkrik jenis ini memiliki ukuran testikel yang besarnya sekitar 14 persen dari seluruh ukuran tubuhnya.Sebagai gambaran, dengan proporsi tubuh seperti itu, bila si jangkrik memiliki tubuh sebesar manusia dewasa, maka testikelnya diperkirakan bakal seberat 12,7 kg, atau lebih berat dari bobot anak setahun.

Si jangkrik sekaligus menumbangkan rekor testikel terbesar, yang dimiliki oleh lalat buah Drosophilla Bifurca, dengan ukuran testikel sebesar 10,6 persen dari seluruh tubuhnya.

Namun, dengan besarnya testikel yang dimiliki, tidak berarti jangkrik ini dapat memproduksi lebih banyak sperma saat ejakulasi, ketimbang spesies lain yang punya testikel lebih kecil.

Hanya saja, stamina yang dimiliki jangkrik bushcricket ini memang lebih ‘ngejoss’. ‘Besarnya testis membuat jangkrik jantan bisa lebih siap melayani hasrat dari jangkrik betina,’ kata Vahed.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s