Kamulfase Hewan yang Menakjubkan

Kebanyakan hewan di dunia berkamulfase untuk memudahkannya mendapatkan makanan dan sebagai pelindungnya dari oemangsa.

Kuda laut Pigmy (bawah) adalah rajanya kamulfase. Sangat menyerupai inangnya, karang Gorgonian, mata dan mulutnya menyerupai polip, sedangkan tubuhnya menyerupai batang karang tersebut.

Photo: Pygmy seahorse

Udang ini (bawah) terlindungi dengan baik dari pemangsa di inangnya, Bulu Babi. Binatang yang menyamarkan tubuhnya dengan latar belakang tempat tinggalnya merupakan penyamaran yang sangat sederhana.

Photo: Shrimp camouflaged in sea urchin

Kamulfase diturunkan kepada keturunan hewan hewan tersebut, namun faktor lingkungan lah yang lebih beperan aktif bagaimana kamulfase bisa terjadi.

Photo: A brown gecko camouflaged on a tree bark

Deroplatys trigonodera (bawah), seekor belalang sembah, menyamarkan tubuhnya sehingga mirip dengan daun daun kering. Ini adalah penyamaran yang baik untuk menyergap mangsanya yang melintas di sekitar tumpukan daun.

Photo: Arrowhead dead leaf mimic mantis

Serangga batang memiliki penyamaran terbaik dibandingkan seluruh hewan di bumi, dengan tubuhnya yang mirip sekali dengan tempat tinggalnya. Pemangsa bisa melihat ranting berjalan, namun predator hanya mengira hanya ranting yang tertiup angin.

Photo: Green walking stick

Hewan yang tidak memiliki kemampuan kamulfase mungkin sulit untuk bertahan hidup. seekor ular yang tidak memiliki warna yang cukup baik untuk kamulfase, membenamkan dirinya ke dalam pasir, sebuah kamulfase yang kreatif.

Photo: Snake buried and disguised in sand.

Tawny frogmouths (bawah) menyamarkan dirinya serupa dengan cabang pohon saat tidur di siang hari. Mereka menetap dengan sempurna dan sangat mirip dengan cabang pohon yang sudah tua. Mahkluk malam ini terdapat di Tasmania dan Australia.

Photo: Tawny Frogmouths in Myall tree.

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s