Nudibranch – Unik dan Indahnya Siput Laut Telanjang

Nudibranchs (NEW-dih-bronks) memiliki banyak variasi baik bentuk maupun warna. Ada yang lembek, ada yang keras, ada yang pendek, dan ada juga yang panjang.  Beberapa memiliki warna yang indah dan terang, beberapa diantaranya tersamar dengan baik dengan pasir dan batu karang. Nudibranchs memiliki ukuran antara 0.25 hingga 12 in (6 mm hingga 31 cm) dan memiliki berat hingga mencapai 3.3 lbs (1.5 kg)

Photo: Multicolored nudibranch

Mereka tidak memiliki cangkang, dan termasuk keluarga siput laut, mereka memiliki warna, bentuk, dan pola yang paling menakjubkan dibandingkan hewn hewan manapun. Nudibranchs mendapatkan warna indahnya dari apa yang mereka makan dan itu sangat membantu mereka berkamulfase terutama dari pemangsa.

Photo: Green nudibranch Philippines

Nudibranchia, dalam keilmiahan, nama mereka berarti “naked girls – wanita wanita telanjang”. Spesies Tritonia (bawah) memiliki tubuh berbulu, warna yang menantang, dan tanduk di sekujur punggungnya.

Photo: Tritonia nudibranch

Nudibranchs tidak bisa melihat dengan baik, tapi mereka mencium, mengecap, and merasakan keadaan sekitarnya dengan dua tentakel di depan tubuhnya yang dinamakan  rhinophores.

Photo: Green and orange nudibranch

Kelenjar pencernaan dari Phyllodesmium iriomotense (bawah) terletak di tentakel yang menjulur pada tubuhnya. hal ini membuatnya menjadi tidak terlalu berwarna karena kurang akan makanan yang seharusnya memberikanna warna yang indah.

Photo: Colorless nudibranch

Ada lebih adri 3000 spesies Nudibranch yang diketahui saat ini. Mereka biasa ditemukan di pantai atau lautan berpasir, terumbu karang, bahkan lautan berlumpur. Spesies baru ditemukan hampir setiap hari.

Photo: Orange nudibranch

Warna yang terang dari nudibranchs, yang biasa dinamakan “nudis,” memperingatkan agar pemangsa tidak mendekat.

Photo: Bright nudi

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s