Polusi Botol Plastik : Mengapa memilih air kemasan botol?

Setiap  enam botol minuman botol, hanya satu botol yang sampai ke tempat daur ulang

Foto oleh Justin Sullivan

Jika keluargamu seperti banyak keluarga di Amerika Serikat, membeli banyak belanjaan yang diantaranya banyak air minuman berbotol, atau selesai main bola lalu membeli minuman botol di lemari es.

Tapi tahukah kamu bahwa semua botol plastik menggunakan banyak bahan bakar fosil dan mencemari lingkungan kita?. Bahkan, Amerika membeli lebih banyak air kemasan botol daripada bangsa lain di dunia, sehingga membuat tambahan 29 miliar botol air per tahun. Dalam rangka untuk membuat semua botol-botol itu produsen menggunakan 17 juta barel minyak mentah. Itu cukup minyak untuk menjaga satu juta mobil selama dua belas bulan.

Bayangkan semua produksi minyak, seperempatnya untuk meproduksi botol?, berapa banyak minyak yang sudah kita habiskan?.

Jadi, mengapa harus membeli air kemasan botol daripada langsung minum dari dispenser dirumah? atau menyimpan botol tersebut untuk dipakai kemudian hari? Beberapa orang minum air kemasan karena mereka pikir itu lebih baik bagi mereka daripada air dari keran, tapi itu tidak benar. Di Amerika Serikat, pemerintah daerah pastikan air dari keran aman. Tapi tahukah anda bahwa Ada juga kekhawatiran bahwa bahan kimia dalam botol sendiri mungkin larut ke dalam air.

Orang yang suka kenyamanan air kemasan. Tapi mungkin jika mereka menyadari masalah itu menyebabkan, mereka akan mencoba minum dari gelas di rumah atau membawa air dalam wadah isi ulang, bukan plastik.

Botol plastik daur ulang dapat membantu bukan untuk menambah stok sampah, botol plastik bisa diubah menjadi barang-barang seperti karpet atau pakaian bulu yang nyaman.

Sayangnya, untuk setiap enam botol air yang kita gunakan, hanya satu yang sampai ke tempat daur ulang. Sisanya dikirim ke tempat pembuangan sampah. Atau, bahkan lebih buruk, botol botol itu dibuang sembarangan ke sungai, laut, tanah, atau di mana saja, padahal butuh jutaan tahun bagi botol tersebut untuk hancur.

Air itu sangat baik untuk kesehatan, dan tentunya dianjurkan. Tapi apakah kita bisa membuat perubahan dengan mengurangi penggunaan dan pembelian kemasan botol?

Dan ya, kita harus bisa. Ingat ini: Daur ulang satu botol plastik dapat menghemat energi yang cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu 60 watt selama enam jam.

Sumber : http://kids.nationalgeographic.com/kids/stories/spacescience/water-bottle-pollution/
Tulisan Asli Oleh Catherine Clarke Fox
Judul Asli : Drinking Water: Bottled or From the Tap?
Diterjemahkan dengan sedikit perubahan

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s