Green Invaders (Tanaman Penjajah)

13867_2_470x300

Green Invaders (Penjajah Hijau) sekarang mengambil alih kehidupan di Amerika. Tidak, tidak sperti penjajah dari luar angkasa. Mereka adalah penjajah Tanaman. Mungkin mereka tidak berbahaya bagi manusia, namun sangat merusak jaring atau siklus makanan.

Mereka sendiri adalah tanaman yang dibawa dari daerah lain untuk penghias perkarangan rumah. Sejak orang orang mulai berdatangan di pantai Amerika, mereka membawa pohon, bunga, dan sayuran dari tempat lain.

Sekarang ada begitu banyak tanaman tersebut, mereka menyingkirkan tanaman asli yang telah tinggal di sini sebelum datangnya manusia.

Dan itu masalahnya, kata Dr Doug Tallamy. Dia adalah seorang entomolog (ahli serangga) di University of Delaware. Ia menjelaskan bahawa banyak larva serangga yang hidup dengan makanan tertentu.

Ulat kupu-kupu Monarch (gambar), misalnya, hanya menyantapo daun milkweed. Jika orang menebang milkweed dan menggantinya dengan tanaman lain, kupu-kupu tidak akan memiliki sumber makanan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Tapi masalahnya tidak berhenti di situ, ulat ulat ini akan pergi tepat di seberang jaring makanan. Ketika serangga tidak bisa mendapatkan tanaman yang tepat untuk makan dan mereka mati, maka burung tidak memiliki cukup serangga untuk makanan mereka. Tallamy menunjukkan bahwa hampir semua burung yang bermigrasi tergantung pada serangga untuk memberi makan anak-anak mereka.

“Kita tidak bisa membiarkan tanaman dan hewan di sekitar kita hilang,” kata Tallamy. “Cara untuk menjaga mereka adalah dengan memberi mereka makanan untuk dimakan. Tetapi ketika kita menanam tanaman non-pribumi, kita secara tidak langsung merusak jaring makanan, karena dengan begitu kita tidak memiliki serangga bagi burung butuhkan untuk hidup.”

Tanaman sedikit, artinya serangga juga berkurang, dan populasi burnung akan terancam. Dan itu buruk bagi bumi, karena kita membutuhkan berbagai makhluk hidup untuk menjaga planet agar tetap sehat dan indah.

Kabar baiknya adalah, tukang kebun di mana-mana bekerja keras untuk melindungi tanaman asli dan menyingkirkan penjajah itu. Banyak pusat-pusat taman lokal menjual tanaman asli. “Cek di Google tanaman asli dan lokasi Anda, dan Anda dapat mengetahui tanaman benar-benar milik di mana Anda tinggal,” kata Tallamy.

Penanaman yang benar membuat perbedaan nyata, dan cepat. Dia menjelaskan penanaman milkweed di halaman kota kecil tentang ukuran ruang tamu satu musim semi. Di musim panas satu pohon milkweed berhasil membiakkan 50 kupu kupu baru.

Tallamy mendorong anak-anak untuk menanam tanaman asli. “Membuat burung datang itu sulit, dan lihatlah anda dapat melakukannya dengan memperbanyak keberadaan serangga” ia menyarankan. “Ini akan terjadi-serangga bergerak banyak, dan mereka akan menemukan tanaman yang Anda tanam di luar sana untuk mereka!”

Tip Hari Bumi:
Menanam tanaman asli atau pohon tahun ini!

2 thoughts on “Green Invaders (Tanaman Penjajah)

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s