Hewan Laut yang Unik, Cantik, dan Aneh

Ikan Goby ini (bawah) merupakan salah satu vertebrata terkecil di dunia. TBersembunyi disela sela anemon dan karang laut di lautan dangkal yang masih terjaga kelestariannya.

Photo: Goby fish in a sea anemone

Nudibranch adalah jenis siput laut yang paling berwarna di terumbu karang hingga laut dalam. Setelah melakukan perkawinan, betina akan bertelur dari ratusan hingga jutaan calon Nudibranch baru.

Photo: Mating nudibranchs

Denise’s pygmy seahorses adalah ikan terkecil di keluarga Gasterosteiformes, ikan yang memiliki warna paling hebat. Selain warnanya yang menyatu dengan lingkungan, kuda laut ini sangat kecil yang panjangnya hanya mencapai 2 cm.

Photo: Pygmy seahorses

Belut laut bertubuh biru ini dapat memiliki panjang tubuh hingga 130 cm. Jantan dewasa bewarna biru, sementara betina bewarna hampir kuning di seluruh tubuhnya. Jumbai di kepala belut ini membuat belut ini sungguh unik dibanding belut laut lainnya.

Photo: Blue ribbon eel in coral reef

Ikan Stargazer (bawah) yang berkamulfase sempurna di dalam pasir ini bisa tumbuh hingga 75 cm panjangnya, menunggu mangsa yang lengah melewatinya, dan juga sebagai penghindar dari pemangsanya adalah kehebatan hewan ini. Nama stargazer sendiri diberikan karena matanya selalu mengarah ke angkasa.

Photo: Stargazer fish

Gurita merupakan hewan paling pintar dari seluruh invertebrata yang ada. Secara fisik mereka cukup sempurna dengan dibekali tubuh yang lentur, kepala yang besar, penglihatan yang tajam, tubuh yang dapat berubah warna dan tekstur, serta kaki delapannya itu. Gurita memiliki ukuran yang sangat bervariasi, dari yang terkecik yang hanya tunbuh sepanjang 5 cm, hingga gurita pasifik raksasa yang mencapai 9 meter panjang tentakelnya.

Photo: Close-up of octopus eye

One thought on “Hewan Laut yang Unik, Cantik, dan Aneh

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s