Tumbuhan Pemakan Daging (Carnivore Plants)

15683_2_470x300

Semua orang akan senang jika ke kebun binatang, tapi sebenarnya jika mereka mengamati tumbuhan, akan banyak hal yang unik dan jauh lebih berbeda.

Terutama tanaman karnivora, pemakan daging, atau yang menggunakan cara lainnya untuk menjebak serangga, makan malam mereka. Bladderworts, misalnya, yang sangat kecil di sekitar kolam yang tenang. namun siapa sangka tumbuhan ini mampu memerangkap jentik nyamuk kurang dari 1 detik?.
Setelah pintu perangkap ditutup pada mangsa, enzim pencernaan yang mirip dengan yang asam lambung manusia ini perlahan mengkonsumsi serangga itu. Jika acara makan mereka selesai, mereka muncul lagi dan siap menangkap mangsa yang baru.

Kebanyakan Tanaman karnivora tumbuh di tempat dengan tanah yang kurang memiliki nutrisi atau zat hara yang cukup untuk perkembangan mereka. Tapi tanaman menakjubkan ini telah berkembang selama ribuan tahun, mengembangkan perangkap serangga untuk mendapatkan kebutuhan gizi mereka agar tetap terpenuhi.
Perangkap ini bisa saja sangat menipu mata, misalnya saja seperti kantong semar dimana serangga serangga pasti mengira dalam kantong tanaman ini penuh dengan nektar yang lezat. dengan pinggiran yang licin, serangga yang tergoda akan segera tergelincir, masuk perangkap, dan menjadi santapan lezat bagi tanaman ini.
Rambut yang ada di sekitar perangkap membantu agar serangga yang terperangkap tidak mampu lolos. Serangga kecil mungkin dicerna hanya dalam beberapa jam saja, namun seekor lalat dapat dicerna dalam waktu lima hari.
Beberapa spesies kantong semar bahkan mampu menampung 7,5 liter enzim dalam kantongnya. Ya tanaman besar seperti ini yang memangsa manusia memang hanya ada di film film, namun beberapa diantara mereka bahkan sering terlihat memerangkap dan memangsa tikus liar yang ukurannya lumayan besar.

Tanaman karnivora lain memiliki cara yang berbeda dalam memerangkap mangsanya, misalnya saja tanaman venus (gambar).

Tanaman karnivora biasanya tumbuh di daerah basah, dekat pantai hingga  pegunungan. Tanaman ini memang di banyak tempat sulit ditemukan, namun di Amerika akan mudah sekali dijumpai.

4 thoughts on “Tumbuhan Pemakan Daging (Carnivore Plants)

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s