Mimikri Serangga : Kepompong Mirip Ular


Bayangkan bahwa Anda seekor predator lapar yang mencari serangga berair di hutan untuk dimakan. ketika Anda membalikkan dedaunan, tiba-tiba makhluk menyeramkan ini nongol di depan Anda, Apa yang anda lakukan?

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, Dynastor darius adalah ulat aneh. Tubuhnya panjang hijau dan kepalanya hitam ditutupi dengan bulu yang seperti seperti ledakan kembang api miniatur.

 

Namun ketika ulat ini masuk tahap pupa mereka – berkepompong untuk menjadi kupu-kupu – tampilannya menjadi luarbiasa aneh. Kepompongnya menyerupai kepala ular dan mennjadi salah satu mimikri terbaik yang pernah terlihat.

Hewan ini Asli Trinidad, Anda dapat menemukan ini kepompong kepala ular yang luar biasa tergantung di bawah daun hutan. Anda mungkin pernah mendengar atau melihat ulat yang meniru ular sebelumnya, seperti si cantik Hemeroplanes triptolemus, tetapi untuk melihat kepompong seperti ini hampir sempurna mengenakan wajah ular berbisa … itu sesuatu yang lain.

Selama 13 hari, D. darius mereformasi dirinya di dalam apa yang tampak seperti kepala Gaboon pit viper (meskipun ular ini tidak asli Trinidad).

 

Meskipun kepompongnya mirip kepala ular, namun belum begitu menakutkan sang predator jika tidak bergerak. Nah untungya pupa masih sadar akan dunia diluar kepompong, dan dapat bergoyang dari sisi ke sisi (seperti ular bergerak) untuk menangkis predator.

Makhluk ini menjadi subjek penelitian dalam jurnal Tropical Lepidoptera 1991. Sayangnya, sisa hidupnya di luar kepompong (sebagai kupu-kupu) terasa kurang menarik: peneliti tidak pernah mengamati kupu-kupu ini makan, dan menduga bahwa kupu-kupu mati setelah menghabiskan pasokan lemak tubuhnya.

 

 

Mimikri unik pada hewan lainnya dapat dilihat disini

Bermanfaat? Komentar Yuk

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s